PRINSIP KERJA MOBIL HYBRID
Mobil hybrid adalah
mobil yang memiliki sistem penggerak ganda, atau disebut “hybrid” (dalam
istilah pertanian hybrid berarti perkawinan silang). Dalam mobil ini, ada
“perkawinan” antara penggerak yang konvensional yakni dengan bahan bakar bensin
dan penggerak dengan energi listrik.. Berikut ini bagannya :
Mobil Hybrid
menggabungkan kedua sumber tenaga, yang dapat dilakukan dengan dua buah cara
yang berbeda yaitu:
(1) Hybrid paralel dan (2) Hybrid seri.
Hybrid paralel
memiliki tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin. Hybrid tipe ini juga
memiliki baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin elektrik. Baik mesin
bensin maupun mesin elektrik dapat menggerakkan transmisi pada saat bersamaan,
dan selanjutnya transmisi akan menggerakkan roda. Pada tipe ini tangki bensin
dan mesin gas terhubung ke transmisi secara independen yang mengakibatkan baik
mesin elektrik dan mesin gas dapat menghasilkan tenaga pendorong.Cara kerja mesin
listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid,
berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi
ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk
teknologi onboard charger). Khusus mesin
hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan energi
kinetik saat mengerem (regenerative braking). Bahkan sebagian
energi mesin dari mesin bensin/solar/biofuel saat berjalan listriknya bisa
disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka
akan terjadi penghematan BBM.
Berbeda dengan
hybrid paralel, pada hybrid seri mesin bensin bekerja sebagai generator yang
berfungsi sebagai pembangkit baterai atau tenaga motor elektrik yang
menggerakkan transmisi. Mesin bensin tidak pernah langsung menjadi tenaga
penggerak kendaraan. Sistem kerja pada hybrid series dimulai dari tangki bensin
menyuplai bensin ke mesin gas yang selanjutnya menyuplai tenaga ke generator,
lalu tenaga yang dihasilkan generator didistribusikan ke baterai dan mesin
elektrik. Energi pada baterai sendiri selain dari generator, juga dihasilkan
saat terjadi pengereman. Tenaga dari mesin elektrik kemudian menggerakkan
transmisi dan selanjutnya menggerakkan roda.
Cara Kerja Mobil Hybrid ParalelMesin
mobil Hybrid-pararel, gambar di bawah menerangkan bagaimana prinsip dasar
cara kerja mesin hybrid-pararel.Dengan bantuan
kopling otomatis kita dapat memilih mode apa yang akan di gunakan selama kita
mengemudikannya, apakah dengan menggunakan mesin listrik yang
energinya bersumber dari baterai atau mode “energy recovery (pengecasan
baterai)” tanpa menghambat perputaran mesin bensin/diesel yang berlebihan
sewaktu mode “energy recovery ini kita gunakan.
Mesin elektrik dapat kita fungsikan tanpa ketergantungan mesin
bensin/diesel yang berarti kita dapat bebas memilih mesin apa yang akan kita
gunakan sesuai keinginan kita.
Oleh karena itu mobil Hybrid dapat dikombinasikan dengan mesin yang
memiliki kapasitas 3-cylinder sampai yang berkapasitas besar 8-cylinder.
Modus konventional.Dalam gambar ini
menunjukkan mesin Hybrid-pararel bekerja /bergerak seperti mobil biasa
yang menggunakan mesin bensin/diesel energie dialirkan dari mesin ke roda-roda
kendaraan. Selama proses ini bekerja mesin elektrik dan
komponen-komponen pendukungnya dalam keadaan tidak aktif.
Modus elektrik
Dalam kondisi
seperti ini mesin elektrik merupakan penggerak utama,
energi mesin elektrik bersumber dari baterai dan juga dalam kondisi
seperti ini mesin bensin/diesel dalam keadaan mati.
Modus Boosten
Dalam kondisi
seperti ini kendaraan dalam keadaan kecepatan tinggi/memerlukan energie yang
besar sehingga dalam kondisi seperti ini baik mesin elektrik dan
mesin bensin/diesel bekerja dalam waktu yang bersamaan. Dalam kondisi seperti
ini mesin elektrik mendapat suplai energi listrik dari baterai.
Modus energy recovery
ketika kendaraan
melakukan pengereman dengan bantuan mesin elektrik saat itu juga mesin
elektrik dapat kita sebut sebagai generator yang menghasilkan energie
listrik .Konsep ini sama seperti lampu sepeda yang menggunakan energie listrik
dengan bantuan perputaran roda atau turbin pada bendungan yang merubah energi
gerak menjadi energi listrik. Energie listrik yang dihasilkan selama pengereman
kemudian disimpan di baterai. Dalam kondisi ini Kopling otomatis dalam kondisi
bebas sehingga perputaran mesin bensi/diesel tidak mengalami gangguan atau
hambatan.
Modus Energy saving
Dalam kondisi ini
mesin bensin/diesel berputar dengan putaran mesin yang tinggi saat itu pula
sebagian kecil energie gerak yang dihasilkan dari perputaran mesin yang tinggi
di manfaatkan oleh mesin elektrik yang berfungsi juga sebagai
generator (penghasil listrik) yang kemudian di simpan ke baterai dan sebagian
besar energi gerak di salurkan langsung ke roda kendaraan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar