Jumat, Oktober 25, 2013
PRINSIP KERJA MOBIL HYBRID
Mobil hybrid adalah mobil yang memiliki sistem penggerak ganda, atau disebut “hybrid” (dalam istilah pertanian hybrid berarti perkawinan silang). Dalam mobil ini, ada “perkawinan” antara penggerak yang konvensional yakni dengan bahan bakar bensin dan penggerak dengan energi listrik.. Berikut ini bagannya :
Hybrid paralel
memiliki tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin. Hybrid tipe ini juga
memiliki baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin elektrik. Baik mesin
bensin maupun mesin elektrik dapat menggerakkan transmisi pada saat bersamaan,
dan selanjutnya transmisi akan menggerakkan roda. Pada tipe ini tangki bensin
dan mesin gas terhubung ke transmisi secara independen yang mengakibatkan baik
mesin elektrik dan mesin gas dapat menghasilkan tenaga pendorong.Cara kerja mesin
listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid,
berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi
ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk
teknologi onboard charger). Khusus mesin
hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan energi
kinetik saat mengerem (regenerative braking). Bahkan sebagian
energi mesin dari mesin bensin/solar/biofuel saat berjalan listriknya bisa
disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka
akan terjadi penghematan BBM.
CO,HC Tester & Smoke Tester
II.
TEKNOLOGI PERALATAN UJI
Berdasarkan
sistem kerja rangkaiannya,alat uji dapa dibedakan dalam kategori :
1. Alat uji mekanikal,
Seluruh sistem pengukuran menggunakan sistem
mekanikal,tanpa adanya komponen elektrikal dan elektronik.Salah satu contoh
alat uji yang termasuk kategori ini adalah alat ukur berat ( axle load ) type
lama,yang masih menggunakan lengan-lengan mekanik dan pegas.
2. Alat uji mekanikal elektrikal/elektrikal analog.
Seluruh sistem pengukuran menggunakan sistem
mekanikal,elektrikal dan elektronik analog. Beberapa alat uji yang masih
menggunakan sistem ini adalah brake tester. Pada brake tester type ini,motor
elektrik telah digunakan sebagai
penggerak roller dan sistem elektrik/elektronik analog seperti motor
sinkro,telah digunakan sebagai peninjuk hasil ukur.
3. Alat uji mekanikal,elektrik dan elektronik digital,
Seluruh sistem pengukuran menggunakan sistem
mekanikal,elektrikal dan elektronik digital. Kategori ini dapat dibedakan
menjadi sub kategori lagi, yaitu :
-
Fully digital, dimana seluruh pengolahan sinyal dan
display dilakukan secara digital. Beberapa alat yang fully digital tetap
menampilkan hasil ukur dalam bentuk jarum pointer, namun penggerak jarum bukan
lagi motor sinkro, melainkan motor stepper.
-
Semi digital,
dimana pengolahan sinyal masih secara analog, namun tampilan/display berupa
digital.
Berdasarkan
kemampuannya untuk diintegrasikan dengan komputer, alat uji dapat dibedakan
menjadi :
1. Stand alone ( berdiri sendiri ),
Alat uji ini tidak memiliki fasilitas untuk
diintegrasikan dengan komputer, walaupun dapat mencetak hasil uji.
2. Fully Computerized
Alat uji ini
sepenuhnya dapat diintegrasikan dengan komputer. Biasanya alat uji ini
dapat dioperasikan baik secara stand alone, maupun computerized.
Prasyarat untuk dapat diintegrasikan dengan komputer
adalah alat ujisetidaknya mempunyai fasilitas pencetakan menggunakan printer
tambahan, baik printer serial maupun printer paralel. Atau bisa dilihat bahwa
alat uji mempunyai terminal serial ( RS 232/ RS 482/ RS 485 ), yang memang
disediakan untuk integrasi dengan alat luar atau komputer.
II.1. ALAT UJI GAS BUANG MESIN BENSIN
a.
Prinsip Kerja
Alat uji gas buang mesin bensin mengukur kadar gas Co,
Co2, Hc dan O2 yang dihasilkan oleh mesin berbahan bakar bensin. Metode yang
digunakan untuk mengukur kadar Co, Co2 dan Hc menggunakan prinsip Non
Dispersive Infra Red ( NDIR ). Metode pengukuran NDIR menggunakan cahaya infra
merah dengan frekwensi-frekwensi tertentu.
Banyak gas, termasuk Co, Co2, Dan Hc menyarap cahaya
infra merah. Penyerapan NDIR adalah sebuah fenomena, dan sering digunakan srbagai dasar untuk mendesain
pengukuran. Makin tinggi konsentrasi gas dalam sebuah volume, maka makin banyak
jumlah molekul gas dalam jalur sebuah cahaya infra merah, semakin banyak
penyerapan cahaya infra merah. Sehingga, makin tinggi konsentrasi dari gas yang
menyerap cahaya infra merah menyebabkan transmisi cahaya infra merah yang lebih
rendah, dan ini dapat diukur.
Instrumen NDIR dapat dibedakan menjadi
empat bagian :
1. Sumber infra
merah.
Sumber
cahaya infra merah akan secara aktual memproduksi cahaya dengan pita frekwensi yang lebar dan
tercakup di dalamnya pita frekwensi cahaya infra merah.
2. Filter infra merah.
Sebuah bandpass filter optik digunakan untuk
menyeleksi pita frekwensi tertentu dari cahaya infra merah. Filter optik infra
merah ini dipilih sesuai dengan gas-gas yang diukur. Jumlah filter tergantung
jumlah jenis gas yang diukur, sehingga untuk pengukuran Co, Co2 dan Hc,
digunakan tiga filter infra merah yang terpisah.
3. Sel Sampel.
Sampel gas yang diukur dimasukkan ke dalam sel/tabung
sampel yang pada ujung-ujungnya berjendela sedemikian sehingga cahaya infra
merah dapat melelui sampel gas. Tabung sampel ini mempunyai volume dan panjang
yang konstan. Pada alat uji Innova 2000, Tabung sampel terbuat dari stainless
stell dan pada ujung-ujungnya terdapat jendela dan lubang inlet dan outlet. Gas
yang diukur dimasukkan ke dalam tabung sel melalui inlet dan keluar melalui
outlet. Agar aliran gas konstan, sehingga konsentrasi molekul gas konstan, gas
dialirkan dengan pompa pneumatik.
4. Detektor infra merah.
Sebuah detektor yang sensitif terhadap panjang
gelombang infra merah digunakan untuk mengubah cahaya ke dalam tegangan. Tiga
detektor infra merah digunakan untuk mengubah cahaya infra merah yang
ditransmisikan melalui tabung sampai ke dalam tegangan.
Hal-hal yang mempengaruhi pengukuran
dengan metode NDIR ini adalah :
1. Perubahan temperatur.
Perubahan temperatur sumber cahaya infra merah, gas
sampel, filter-filter infra merah atau detektor infra merah secara langsung mempengaruhi tegangan keluaran detektor infra
merah. Karenenya temperatur keempat komponen tersebut diatas harus dijaga
konstan atau perubahan temperaturnya harus selalu dimonitor, terutama setelah
dilakukan kompensasi. Untuk memonitor perubahan temperatur, digunakan
thermistor yang menenpel pada tabung sampel. Kompensasi terhadap perubahan
temperatur gassampel dilakukan dengan memasukkan konstanta-konstanta yang
direkam pada saat proses manufaktur dalam NVRAM.
2. Perubahan tekanan gas sampel.
Dengan anggapan temperatur dan volume gas sapel
konstan, maka perubahan tekanan gas sampel mengakibatkan perubahan jumlah
molekul gas sampel dalam tabung sampel. Kompensasi terhadap perubahan tekanan
gas sampel dilakukan dengan memasukkan konstanta-konstanta yang di rekam pada
saat proses manukfaktur dalam NVRAM.
3. Gas-gas penyerap infra merah
Innova 2000 mengukur tiga gas, Hc, Co dan Co2. Dalam
gas sampeljuga tercampur uap air, yang merupakan penyerap infra merah juga.
Setiap gas mempunyai karakteristik penyerapan yang berbeda, sehingga diperlukan
tiga buah filter bandpass infra merah.
4. Non Linieritas
Terdapat ketidak linieran tegangan keluaran detektor
infra merah yang menurun terhadap kenaikan konsentrasi gas, walaupun kecil.
Untuk mengatasi ini, NVRAM memori meyimpan kurva respos, yang secara otomatis
digunakan untuk mengkompensasi ketidak linieran ini.
ALAT UJI GAS BUANG MESIN DIESEL ( Smoke
Tester ).
b. Prisip Kerja.
Alat uji gas buang mesin diesel ini mengukur
konsentrasi partikulat ( Asap ) mesi diesel dengan menentukan transmisi dari
cahaya yang melalui tabung sampel yang berisi partikulat asap.
Beberapa alat uji menggunakan cahaya pada panjang
gelombang 565nm melalui tabung sampel sepanjang 430 mm dengan diameter 27 mm.
Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam
pengukuran ini adalah :
- Volume tabung sampel
( wadah gas ukur ) harus tetap.
- Tekanan tabung
sampel harus tetap, sehingga geometri tabung sampel dibuat sedemikian
sehingga perbedaan tekanan udara dapat diabaikan, sehingga tidak perlu
kompensasi tekanan pada keluarannya. Partikulat asap mengalir dalam
tabung sampel karena tekanan dari pipa pembuangan kendaraan pada inlet
dan tekanan negatif dari exhaust fan di bagian bawah tabung sampel.
Aliran udara ini juga berfungsi untuk mencegah penumpukan kotoran pada jendela optik pada mana
cahaya ditransmisikan.
- Temperatur dalam
tabung sampel harus tetap, sehingga tabung sampel dipanaskan sampai
dengan panas tertentu. Temperatur tabung
sampel diset sedemikian sehingga perubahan temperatur dapat
diabaikan. Pada tabung sampel
ditempatkan element pemanas untuk memanaskan tabung sampel dan sensor
temperatur untuk mengatur agar temperatur tetap. Cahaya dihasilkan dari
lampu yang dimodulasi pada 921,66hz, yang terletak pada ujung tabung
sampel. Cahaya ini dideteksi pada ujung tabung lainnya dan didemodulasi
menjadi sinyal analog yang proporsional terhadap transmisi cahaya.
Keunggulan alat uji type ini tidak perlu kalibrasi
setiap sebelum pengukuran karena alat uji secara otomatis melaksanakan Zero
Alignment setelah pengukuran. Zero Alignment berfungsi untuk menghitung nilai
nol konsentrasi partikulat pada saat tidak melakukan pengukuran.
Kamis, Desember 23, 2010

Eruption of Merapi
Trim a very large eruption caused a huge impact, Merapi eruption also could bring blessings loss, post-eruption of the Merapi crater and open wider to the south, therefore, the more heat clouds glide long and far that many people claimed that live south slope trim, three tools in pairs by the hall of investigation and technological development kegunungapian (bbptk) destroyed by hot clouds, the three tools that were damaged built on a hill Klatakan, pusunglondon district Sidorejo magelang and pure-bred, Klaten, while the one tool that is still functioning mounted on a hill near Kaliurang Plawangan Sleman.
Installation of monitoring equipment must meet standards for monitoring volcanoes, first, the standard that must be met including seismograph monitors must have a minimum of 4 pieces, the second, the monitor to see the deformation in the summit, namely visual observation either from GPS (global positioning system) and EDM (electronic distance measurement). third, geochemical monitoring, namely the observation to monitor the gases released during eruptions. blessing to the community after the eruption of Merapi is the sand miners who easily get the upper reaches of sand which is on the mountain
Kamis, September 30, 2010
Eartquake
Earthquake is a violent movement of earth’s surface. It’s because rubbing of earth’s plaque, and can because eruption of volcano. The earthquake from eruption of volcano not as strong as from rubbing of earth’s plaques, because the vibration from activities eruption of volcano not same,case rubbing on the earth’s episentrum.The earthquake can be describe by a (Skala Richter/SR). Aceh earthquake can causes a tsunami because the quake’s epicenter was at sea and has a large scale.
The earthquake causes many people loss her home and can be causes died of many people. Many children who have trauma. Eartquake also cause demage to the areas affected. Earthquake is natural disaster and if that happens to serve as a warning of God to us.
Earthquake is a violent movement of earth’s surface. It’s because rubbing of earth’s plaque, and can because eruption of volcano. The earthquake from eruption of volcano not as strong as from rubbing of earth’s plaques, because the vibration from activities eruption of volcano not same,case rubbing on the earth’s episentrum.The earthquake can be describe by a (Skala Richter/SR). Aceh earthquake can causes a tsunami because the quake’s epicenter was at sea and has a large scale.
The earthquake causes many people loss her home and can be causes died of many people. Many children who have trauma. Eartquake also cause demage to the areas affected. Earthquake is natural disaster and if that happens to serve as a warning of God to us.
Senin, Mei 17, 2010
Analytical Exposition on Accredited School

Why is It Important to Choose the Accredited School?
Most of teenagers need to go to school and there are a lot of schools over there. Nowadays, schools grow to offer plenty of choice; private and state ones. However it is a hard choice since there are many factors which need to be considered before making the selection. Some will be influenced by friends; because some friend got to certain school than we go to there too. Some prefer to choose certain school because of the closer distance. In fact, the primary decisive matter for selecting school is whether the school has been accredited or not.
Why is important to choose an accredited school? Well, accredited schools have an edge over the unaccredited schools. This label of Accredited School has an impact in employment opportunities. As result, if there are two or more students with similar qualifications, the student who comes from the accredited school will have an edge over the other candidate. Student from an accredited school has more open door than student with an accredited one.
Many students select certain school depending more on short term factors like friend influence and short distance from home. It is not bad since commuting actually needs much cost. Choosing school which is closer to home will save time, energy and money. However if that school is not accredited, the time and money spent along studying seems to be waste in the long term because it could become a limiting factor in gaining future opportunities.
Accredited school is not the only factor which will drive student’s success. Personality and characterization are very important too. However a student with good personality who comes from an accredited school is better than the others.
Analytical Exposition Analysis on the Generic Structure
Analytical exposition is one of argumentative texts which present some supporting idea on why certain writer’s opinion is important. The opinion is formulated in a thesis which needs to prove by selecting arguments.
The above example of analytical exposition about accredited school has the following generic structure:
Thesis: it is the main topic of discourse in analytical exposition essay. Commonly the thesis will be placed in the first paragraphs. It also functionalize of introduction of the text. From the text above we see that choosing school will be wiser and safer if it is based on the status of the school; accredited or not.
Arguments: the arguments are the heart of an analytical exposition. The absence of argument, analytical will just talk nothing since a thesis must be evaluated, whether it is true or false later, it does not matter. From the analytical exposition sample above, we see an accredited school graduate will hold better opportunity. Additionally choosing school based on short term interests seem to be less benefit in the end.
Reiteration: it is the writer’s thesis which is re-stated in another word. The purpose is to strengthen the thesis. From the text above, we realize that choosing an accredited school is really important.
Kamis, April 15, 2010
MY REMEDIAL PASSIVE VOICE TEST
A.
1. This test should not be done if they study diligently.
2. The English remedial test is being joined once again.
3. As the new blog address been written by Dira correctly?
4. Was not a direct question asked clearly to Mr. T before the test?
5. Will they be being waited for tomorrow evening?
6. They have ever been told how to behave.
7. a. The truth about the next project isn’t told to you.
b. You are not told the truth about the next project.
8. a. He was asked many questions during the interrogation by the police.
b. Many questions during the interrogation were asked to him by the police.
B.
1. The students do not easily do the remedial test.
2. Are they going to watch the television all day?
3. He should not fool us if we believed in you.
4. The teacher told Gilang to cut his long hair.
5. The students must close all note books immediately
1. This test should not be done if they study diligently.
2. The English remedial test is being joined once again.
3. As the new blog address been written by Dira correctly?
4. Was not a direct question asked clearly to Mr. T before the test?
5. Will they be being waited for tomorrow evening?
6. They have ever been told how to behave.
7. a. The truth about the next project isn’t told to you.
b. You are not told the truth about the next project.
8. a. He was asked many questions during the interrogation by the police.
b. Many questions during the interrogation were asked to him by the police.
B.
1. The students do not easily do the remedial test.
2. Are they going to watch the television all day?
3. He should not fool us if we believed in you.
4. The teacher told Gilang to cut his long hair.
5. The students must close all note books immediately
Langganan:
Postingan (Atom)